Selasa, 24 Maret 2015



Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang menekan pada berbagai masalah kebudayaan dan kemanusiaan dengan menggunakan pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan yang tergolong dalam pengetahuan budaya.

pada posting kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang tujuan dari Ilmu Budaya Dasar itu sendiri,

1. Lebih peka terhadap masalah lingkungan dan kebudayaan
maksud dari tujuan yang pertama adalah manusia sebagai makhluk sosial harus selalu peka terhadap berbagai masalah yang ada dilingkungannya. sebagai bagian dari masyarakat kita tidak boleh besikap acuh tak acuh pada berbagai masalah tentang lingkungan juga kebudayaan.

2. Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri 
Sebagai mahkluk sosial pastinya manusia perlu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya, maka dari itu salah satu tujuan dari ilmu budaya dasar adalah mengusahakan kepekaan terhadap nilai nilai budaya untuk dapat menyesuaikan diri.

3. Memberikan kesadaran pada mahasiswa mengenai nilai-nilai hidup dalam masyarakat
Harus diakui bahwa masih banyak para pemuda terutama mahasiswa yang belum memiliki kesadaran akan nilai-nilai hidup dalam masyarakat. masih sering ditemukan mereka yang bersikap cuek bahkan terkesan tidak perduli dengan masyarakat disekelilingnya.

4. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan masyarakat
Banyak sekali persoalan atau masalah yang sering terjadi dilingkungan bermasyarakat. sebagai mahasiswa pasti perlu bersikap kritis terhadap apa-apa saja kekeliruan yang terjadi dalam bermasyarakat. daya kritis juga perlu diiringi dengan solusi yang baik.

5. Memiliki pengetahuan yang luas tentang budaya indonesa
Budaya di Indonesia begitu beragam, kita sebagai masyarakat indonesia seharusnay memiliki pengetahuan yang luas tentang kebudayaan Indonesia. kita juga perlu menjaga dan merawat kebudayaan yang sangat beragam ini, jangan hanya saat ada kasus seperti saat kebudayaan Indonesia diklaim oleh bangsa lain baru kita ramai-ramai ribut sana sini.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar