Rabu, 31 Desember 2014



Kemampuan bersosialisasi sangat mutlak dipelukan. apapun profesi dan bidang pekerjaan anda. sebagai makluk sisoal kita dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan baik dimanapun dan kapanpun. baik dilingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja.

Bersosialisasi diambil dari kata sosialisasi yang dapat diartikan sebagai proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.


Setelah membaca beberapa artikel tentang "Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi" dapat saya simpulkan bahwa cara bersosialisasi yang baik adalah sebagai berikut:

1. Latih cara berkomunikasi agar dapat bicara dengan jelas.

kemampuan berkomunikasi adalah hal mutlak yang harus dikuasai oleh seseorang agar dapat bersosialisasi dengan mudah. dan kemampuan berkomunikasi juga akan berdampak pada bagaimana orang memandang anda.

2. Utarakan hal-hal dengan jelas.

dengan mengutarakan hal-hal yang jelas anda dapat mempengaruhi lawan bicara anda sehingga dia dapat menyukai saat berbicara dengan anda. anda pun harus memberikan argumen yang ada "isinya" bukan hanya argumen yang kosong.

3. Perluas wawasan anda.

memiliki wawasan yang luas sangat penting dalam bersosialisasi. karena lawan bicara akan senang apabila anda bisa "nyambung" dengan setiap tema pembicaraan yang sedang dilangsungkan. maka dari itu perluas wawasan anda salah satunya dengan banyak membaca.

4. Jadilah pendengar yang baik.

tidak setiap pembicaraan anda selalu menjadi narasumber terkadang anda pun harus menjadi pendengar. maka dari itu jadilah pendengar yang baik, anda pun harus mengamati inti dari pembicaraan sehingga anda dapat menimpali dengan tepat.










0 komentar:

Posting Komentar