Selasa, 21 April 2015



Indonesia merupakan negara yang sangat luas dengan total wilayah 1,904,569 dan jumlah penduduk yang diperkirakan mencapai 230,427,833. Maka tidak dapat dipungkiri Indonesia memiliki kebuyaan yang sangat banyak. Kebudayaan Indonesia yang unik dan menarik bahkan sampai mendapat kekaguman dari banyak orang.

Tetapi semakin hari budaya Indonesia semakin terkikis dan temakan oleh perkembangan zaman. Begitu banyak kebudayaan asing yang menerobos masuk dan berhasil menempatkan dirinya dikalangan masyarakat Indonesia, terutama para kaum muda. Sebagian besar remaja bangsa sekarang tidak mengenal bahkan terkadang enggan untuk “bersentuhan” dengan budaya negeri sendiri.

Lalu apa yang membuat budaya Indonesia semakin dilupakan oleh kaum muda?. Era globalisasi bisa dikatakan sebagai penyebab utama terkikisnya budaya bangsa Indonesia. Dengan budaya asing yang begiu cepat tersebar dan begitu mudah diterima. Kurangnya eksploitasi terhadap budaya lokal dapat menjadi bumerang bagi Indonesia sendiri , karena akan berdampak pada terkikisnya kebudayaan yang ada di Indonesia.

Mungkin sekarang saatnya bagi kita semua untuk melestarikan kembali budaya diIndonesia dengan sentuhan modern agar dapat diterima dengan mudah, Jangan hanya saat budaya kita “dirampas” oleh negara lain baru kita sibuk mempermasalahkannya, padahal kenyataanya kita sendiri lupa untuk melestarikannya.


Bila diambil satu contoh cara melestarikan budaya dengan sentuhan modern, dapat dilihat pada sebuah band asal bandung yang menamakan diri mereka “Karinding Attack”. Ya sesuai dengan namanya mereka ikut melestarikan salah satu alat musik tradisional asal bandung yaitu karinding.  

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar