Selasa, 30 Juni 2015



berbicara tentang pandangan hidup, setiap manusia pastinya memiliki pandangan hidup yang bertujuan sebagai pedoman hidupnya. Pandangan  hidup  itu bersifat  kodrati. Karena itu ia menentukan masa  depan  seseorang. Untuk  itu perlu  dijelaskan  pula apa  arti pandangan hidup.  

pandangan hidup dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian, yaitu :
1. berasal dari agama.
2. berasal dari ideologi
3. berasal dari renungan.

bila diperinci maka ideologi yang berasal dari agama dapat diartikan sebagai pandangan hidup yang mutlak nilai kebenarannya. sedangakan yang berasal dari ideologi biasanya mengikuti idelogi dari tempat dimana ia menetap. adapula yang berasal dari renungan yaitu pandangan hidup yang relatif hanya bersifat sementara.

Apabila pandangan hidup itu diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung suatu organisasi,  maka  pandangan  hidup  itu disebut  ideologi.  Jika  organisasi  itu organisasi politik,  ideologinya  disebut  ideologi  politik.  Jika organisasi  itu negara,  ideologinya disebut ideologi  negara. Pandangan   hidup  pada  dasarnya  mempunyai   unsur-unsur yaitu  cita-cita,  kebajikan, usaha,  keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan  yang tidak terpisahkan.  Cita – cita  ialah apa yang diinginkan yang mungkin  dapat  dicapai  dengan usaha  atau perjuangan.  Tujuan  yang  hendak dicapai  ialah kebajikan,  yaitu  segala  hal  yang baik yang membuat  manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau peIjuangan  adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan.  Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan  jasmani,  dan kepercayaan  kepada  Tuhan.


0 komentar:

Posting Komentar