Selasa, 13 Oktober 2015



Dari judul yang saya buat sudah jelas terpampang bahwa web yang satu ini diperuntukan bagi mereka yan ingin belajar membuat website. Ya, codecademy adalah sebuah web yang begitu interaktif yang menyediakan pembelajaran beberapa bahasa pemrograman seperti Javascript, Python, Ruby. Codecademy ini dibuat pada tahun 2011 oleh Zach Sims dan Ryan Bubinski.

Tujuan dari codecademy ini pastinya memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin belajar membangun sebuah website. Karena dalam web ini terdapat penjelasan yang ringkas dan mudah dimengerti. Selain itu user pun dapat langsung "ngoding" sesuai dengan perintah yang ada, outputnya pun dapat dilihat langsung pada konsol.

Terdapat banyak fitur dalam codecademy, 

1. yang pertama adalah fitur web developer skills, dalam fitur ini terdapat beberapa materi yang diberikan oleh si codecademy. seperti pada gambar dibawah dapat dilihat ada beberapa materi yang diperuntukan untuk mengembangkan web developer skills kalian. ada materi make a website, make a properties website dll.

2. fitur kedua adalah pembahasan tentang beberapa bahasa pemrograman, ada python, ruby dll. pada fitur ini sebenarnya gak cuma buat mereka yang ingin membuat web aja, tapi juga buat mereka yang pengen belajar atau memperdalam ilmu bahasa pemrogramannya.
3. fitur selanjutnya yaitu pembahasn tentag materi yang sedang diikuti. setelah membaca penjelasan materinya maka si user akan diminta "ngoding" sesuai dengan apa yang diinstruksikan. oh iya jangan takut salah atau ngeblank disini karena codecademy juga menyertakan fitur "Hint" kalo aja anda stack atau bingung.
pembahasan tentang materi.
intruksi yang harus diikuti
Hint yang digunakan saat tidak bisa menjalankan intruksi
4. fitur yang oke berikutnya adalah tempat untuk "ngoding" dan juga konsol yang dipergunakan untuk menampilkan hasil dari kodingan tadi.
5. fitur terakhir yang menarik adalah, ketika kita menyelsaikan materinya codecademy akan memberi semcam penghargaan.

jadi tunggu apa lagi? mau belajar otodidak tapi dengan penjelasan yang mudah dipahami? langsung ke TKP aja www.codecademy.com

Categories:

2 komentar: